Kamis, 17 Oktober 2013

Cara Praktis Mengukur Kekuatan lensa Spheris

Tahap awal belajar menggunakan lensometer memang sebaiknya berlatih dengan menggunakan lensa Spheris terlebih dahulu. yang mana pengukuran powernya relatif lebih mudah dan sederhana. langkah praktis tersebut sebagai berikut:

1. Untuk lensometer sistem badal/teropong, sesuaikan setelan eyepiece sesuai dengan mata anda, eyepiece ini adalah bagian dari lensometer tempat menempelnya mata pemeriksa bentuknya biasanya berupa karet hitam melingkar. putar sehingga target atau reticle yang ada di dalam lensometer terlihat paling jelas 
note: selalu lakukan langkah pertama ini setiap akan menggunakan lensometer.

2. Kalibrasi lensometer anda secara berkala, dengan cara, hidupkan lensometer (tanpa lensa) kemudian putar roda power, lihat garis target (cross) yang paling kecil terang dan jelas, maju mundurkan roda power sehingga ada benar benar telah memperoleh cross yang paling kecil terang dan jelas. kemudian lihat skala pada roda power, apakah skala tepat pada angka 0 (nol) bila tepat lanjutkan pekerjaan anda, bila tidak anda harus mengkalibrasi lensometer anda agar tidak terjadi kesalahan pengukuran lensa.

3. Tempatkan lensa yang ingin diukur di Gimbal atau Lens holder yang biasanya berupa penjepit, kemudian putar roda power kearah plus secukupnya sehingga target di dalam reticle terlihat kabur dan membesar, kemudian putar kearah berlawanan atau ke arah minus perlahan lahan sehingga terlihat target mengecil, terang dan jelas, maju mundurkan roda power untuk memastikan apakah target telah benar benar clear.

4. Bagi lensa spheris target terlihat akan sama terang secara bersamaan baik pada sumbu vertikal maupun horizontal.

5. Lihatlah skala pada roda power lensometer,  angka yang tercantum pada garis skala adalah power dari  lensa yang sedang ada ukur. 

(dari berbagai sumber)

Pertanyaan kritik dan saran silahkan isi pada kolom komentar di bawah. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca dan pengunjung yang baik selalu menggunakan nama. thanks

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?

Seberapa menarik industri  atau bisnis anda?   Sebuah bisnis  memiliki berbagai macam karakteristik, ada bisnis  yang relatif sulit untuk d...