Jumat, 16 Juni 2017

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?  Sebuah bisnis memiliki berbagai macam karakteristik, ada bisnis yang relatif sulit untuk dikelola ada yang relatif mudah untuk dikelola, hal ini sangat tergantung dari lingkungan ekternal dan internal bisnis tersebut atau yang akan memasuki bisnis tersebut. Dilihat darimanakah bisnis itu menarik atau tidak berikut ini uraiannya semoga dapat membantu menentukan pilihan sebelumnya anda siapkan skala nilai 1 sampai 10 untuk penilaian anda:

1. Seberapa ketat persaingan didalam bisnis tersebut : semakin ketat atau semakin ramai pemain dalam bisnis tersebut semakin tidak menarik bisnis tersebut. Untuk memudahkan anda dalam menganalisa kita ambil saja suatu daerah dilingkungan anda. Coba lihat di sekitar anda apakah disitu sudah ada  rumah makan, toko baju, minimarket, dan sebagainya. Kalau sudah ada seberapa ketat persaingan antar bisnis tersebut. Coba anda buat nilai dengan skala sendiri antara 1 sampai 10. cantumkan dalam list anda, kemudian mulai memperluas lingkungan analisa anda misalnya di satu kecamatan atau di satu provinsi.


2.   Berapa kuat daya tawar pembeli  : semakin kuat daya tawar pembeli maka bisnis tersebut semakin tidak menarik. Misalnya di era informasi seperti sekarang ini, pembeli sudah memiliki informasi yang cukup mengenai harga dan kualitas barang yang akan dibeli, sehingga membuat daya tawar pembeli menjadi lebih kuat dan pembeli akan lebih mudah beralih ke tempat lain untuk membeli barang yang dicari. Jangan lupa buat penilaian yang jujur berapa point yang anda berikan untuk kriteria ini.

3. Ketersediaan pemasok (distributor): semakin banyak pemasok maka bisnis itu akan semakin menarik, demikian sebaliknya semakin sedikit pemasok maka akan semakin mudah pemasok untuk mengontrol harga. Semakin banyak pemasok justru pembeli akan mudah mendapatkan harga terbaik dari pemasok termasuk jangka waktu pembayaran alias boleh ngutang..:).  Mungkin anda sudah menentukan bisnis apa yang akan anda masuki, contoh saja anda ingin membuka sebuah laundry, dimana anda akan memperoleh mesin mesin, sabun,pewangi dan sebagainya. Jangan terpaku hanya pada satu pemasok saja carilah beberapa pemasok agar anda terhindar dari tekanan harga, monopoli harga atau anda bisa memilih harga terbaik, pelayanan dan produk terbaik. Ingat ketersediaan tenaga kerja juga harus anda perhatikan. Jangan lupa buat penilaian yang jujur berapa point yang anda berikan untuk kriteria ini.


4.Apakah bisnis yang anda pilih mempunyai produk atau jasa pengganti : semakin tersedia produk atau jasa pengganti maka semakin tidak menarik bisnis tersebut. Kita tentu ingat nasib wartel, warnet atau surat kabar zaman dulu dan zaman sekarang bahkan sekarang bisnis televisi mulai tergerus oleh perkembangan internet di dalam telapak tangan. Kira kira bisnis anda gimana, ada penggantinya?  Kalau relatif tidak ada maka bisnis anda menarik.  buat penilaian yang jujur berapa point yang anda berikan untuk kriteria ini.


5Masuknya pesaing baru: Apakah bisnis  yang anda akan pilih ini akan mudah dimasuki pesaing baru nantinya. Tergantung dari beberapa hal, besarnya investasi yang dibutuhkan regulasi atau peraturan dari pemerintah tentang bisnis tersebut. Semakin besar atau kompleks investasi atau regulasi yang dibutuhkan semakin besar pula hambatan pesaing baru untuk masuk, semakin tinggi skill yang dibutuhkan akan semakin tinggi pula hambatan masuk bagi pesaing baru, seberapa strategis lokasi anda, seberapa baik pelayanan anda juga dapat menentukan, demikian sebaliknya.

Setelah anda menganalisa lima point diatas jumlahkan nilai yang anda buat bandingkan dengan analisa untuk indutri lain nilai tertinggi bisa anda jadikan pertimbangan untuk memasuki bisnis tersebut.  

semoga bermanfaat. 


(disarikan dari five force analysis M.E. Porter)

pembaca yang baik akan meninggalkan komen dan jadi follower OI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca dan pengunjung yang baik selalu menggunakan nama. thanks

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?

Seberapa menarik industri  atau bisnis anda?   Sebuah bisnis  memiliki berbagai macam karakteristik, ada bisnis  yang relatif sulit untuk d...