Kamis, 08 Juni 2017

Visus

 Visus atau tajam penglihatan, pemeriksaan tajam penglihatan berarti pemeriksaan Visus. pemeriksaan tajam penglihatan ditentukan dengan menilai kemampuan mata membaca huruf huruf atau gambar pada jarak tertentu yaitu umumnya pada jarak 6 meter karena pada jarak ini mata akan berada pada kondisi tanpa akomodasi atau istirahat. 
 
  Pemeriksaan visus dilakukan pada satu mata seacar terpisah biasakan mata kanan terlebih dahulu kemudian mata kiri.
 
  Pada pemeriksaan visus dipakai kartu yang sudah baku sebagai alat ukur atau bisa dikatakan sebagai meteran bila kita ingin mengukur panjang benda. kartu baca tersebut salah satunya kartu Snellen pada kartu ini setiap hurufnya membentuk sudut 5 menit pada jarak tertentu. Misalnya sudut 5 menit pada jarak 60 meter, atau sudut 5 menit pada jarak 30 meter.

  Bila tajam penglihatan seseorang 6/60 artinya dia hanya bisa melihat huruf di kartu pada jarak 6 meter, yang mana pada mata normal huruf tersebut dapat dilihat pada jarak 60 meter, bisa dikatakan dia berada pada jarak 6 meter untuk dapat melihat huruf tersebut sementara orang dengan mata normal cukup berada pada jarak 60 meter untuk dapat melihat huruf tadi, 

  Demikian juga untuk visus 6/6 artinya mata normal mampu membaca huruf yang kecil tersebut (lihat gambar) pada jarak 6 meter mungkin saja seseorang dengan mata yang tidak normal hanya bisa membaca kartu tersebut hanya pada baris 6/36, berarti tajam penglihatannya (visus nya) adalah 6/36, sehingga butuh koreksi penglihatan agar sebisa mungkin dapat mencapai visus mata normal. 

mata dikatakan normal bila memiliki tajam penglihatan atau visus 6/6  

Gambar di samping ini contoh snellen card dengan menggunakan satuan meter dan feet.

.Wallahualam.
Semoga Bermanfaat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca dan pengunjung yang baik selalu menggunakan nama. thanks

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?

Seberapa menarik industri  atau bisnis anda?   Sebuah bisnis  memiliki berbagai macam karakteristik, ada bisnis  yang relatif sulit untuk d...