Jumat, 09 Juni 2017

Pilih Barang atau Jasa

Pilih Barang atau Jasa

Optometrist adalah salah satu profesi yang unik, uniknya dimana? selain seorang optometrist menawarkan jasa seorang optometrist yang bekerja di Optikal juga menawarkan atau menyediakan barang, berbeda dengan profesi lain misalnya pengacara, dokter, guru, psikolog dan lain sebagainya. Tidak banyak profesi dibidang kesehatan yang memiliki keunikan seperti ini. Iya kan??

Kalau dilihat defenisi jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak dapat mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan pada satu produk fisik

Dari segi penawaran yang ditawarkan sebuah Optikal tergolong dalam penawaran campuran yaitu terdiri dari barang dan jasa denga proporsi yang hampir sama (Philip Kotler)

Dari penawaran barang dan jasa sekaligus membuat ada kesulitan dalam menentukan manakah yang paling perlu ditekankan bagi seorang optometrist dalam pelayanan yang diberikan sehingga muncul kepuasan bagi konsumen atau pasien. Masalah nya yaitu untuk meng-generalisir bauran antara barang dan jasa karena keduanya saling berkait dan saling melengkapi.

Bila pilihan penekanan pada bentuk fisik produk pilihan yang bisa dilakukan bisa berupa merek dan variasi produk, harga, bonus, kemasan tampilan toko display dan lainnya tapi bila pilihan penekanan pelayanan pada jasa yang bisa dilakukan bisa berupa kualitas sumber daya manusia yang di perkerjakan, skill komunikasi, skill penguasaan teknologi, layanan purna jual, pengetahuan produk dan banyak lagi yang lainnya.

Jadi mana sebaiknya yang dipilih apakah ingin menekankan pada produk atau jasa? Jawabnya sangat tergantung dari segment Pasar mana yang dilayani, ada segment pasar yang lebih mementingkan bidang jasa atau manfaat kacamata yang penting mata saya terang” biasanya segment ini kurang peduli dengan hal yang berkaitan dengan kemasan misalnya bentuk dekorasi toko atau display .... ada segment pasar yang sangat mementingkan produk ‘harga berapa saja bersedia dikeluarkan’ demi kenyamanan dan gengsi segment ini biasanya sangat selektif terhadap tampilan toko, peralatan dan kemasan yang melekat pada produk.

Tujuan pemilihan penekanan ini adalah agar tercapai suatu efisiensi dalam alokasi sumber daya (waktu, Uang dan tenaga), contohnya bila segment pasar yang kita layani adalah segment yang mementingkan bidang jasa atau manfaat kacamata untuk apa mengeluarkan sumber daya untuk hal yang tidak berkaitan langsung dengan segment yang kita layani tersebut demikian sebaliknya kita perlu mencurahkan sumber daya untuk melayani konsumen seperti contoh yang kedua diatas.

Ada perlunya kita banyak mencari referensi buku mengenai pengalaman bisnis orang sukses untuk menambah pengetahuan dan menghindari trial and error dalam bisnis



Semoga bermanfaat  
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca dan pengunjung yang baik selalu menggunakan nama. thanks

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?

Seberapa menarik industri  atau bisnis anda?   Sebuah bisnis  memiliki berbagai macam karakteristik, ada bisnis  yang relatif sulit untuk d...