Kamis, 24 Oktober 2013

MENGAPA CUMA PUNYA SATU KACAMATA ?

       Bagi sebagian orang kacamata sudah menjadi kebutuhan primer, tanpa kacamata seseorang tidak bisa beraktivitas dengan baik, contoh ekstrimnya seseorang bisa mengendarai mobil tanpa baju asal pakai pakai kacamata tapi seseorang tidak bisa berkendara tanpa kacamata walaupun memakai baju. yang lebih aneh lagi sepatu atau sendal yang letaknya di kaki bisa dimiliki sampai rata-rata 3 pasang,  tapi kacamata yang penempatannya di wajah dan sangat menentukan nilai penampilan seseorang, cuma dimiliki satu saja dengan rata-rata penggantian 1,5 tahun.
     
         Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap kacamata bila dibandingkan dengan negara maju atau paling tidak negara tetangga termasuk sangat rendah, ini dipengaruhi tingkat pendidikan,produktivitas,pendapatan,dan gaya hidup.
       
       Bila kita lihat di Indonesia satu buah kacamata digunakan untuk berbagai kegiatan dan berbagai waktu, baik untuk keperluan sekolah, dikantor, olahraga, santai, diluar ruangan, atau kepesta dan lain sebagainya. sedangkan dinegara maju kacamata digunakan sesuai dengan keperluannya misalnya untuk kekantor diperlukan kacamata yang memiliki lensa anti radiasi komputer dengan disain lensa yg disesuaikan dengan jarak kerja jarak baca dan luas lapang pandang, untuk olah raga diperlukan kacamata dengan lensa yang dilengkapi dengan bahan tahan benturan anti ultraviolet dan disain kacamata yang nyaman dan tidak mudah melorot. tentunya kacamata kantor dan kacamata olahraga tersebut tidak cocok dibawa ke ruang pesta apalagi ke lantai dansa.
      
         Untuk itu sudah saatnya Optometrist/ RO atau Optik mulai meng-edukasi konsumen atau pasien untuk mulai meninggalkan kebiasaan hanya menggunakan satu kacamata untuk semua kegiatan. 
          Langkah yang pertama bisa kita mulai ketika pasien berada di ruang Refraksi pada saat pemeriksaan mata dengan menanyakan tujuan penggunaan kacamata secara umum bagi pasien kemudian bisa juga dengan menanyakan dan mencocokkan lensa yang paling pas untuk pasien sesuai pekerjaannya, kemudian di outlet atau di ruang pamer optik dengan bantuan edukasi dari pramuniaga optik.
        Jadi kalau kacamata anda adalah sudah menajdi  barang primer mengapa masih saja punya satu kacamata sepanjang tahun? 


semoga bermanfaat

pembaca yang baik adalah yang meninggalkan komentar dan jadi Folower OI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca dan pengunjung yang baik selalu menggunakan nama. thanks

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?

Seberapa menarik industri  atau bisnis anda?   Sebuah bisnis  memiliki berbagai macam karakteristik, ada bisnis  yang relatif sulit untuk d...